JURUSAN MESIN

Program Studi D-III Teknologi Mesin PSDKU Sanggau

Program Studi Diploma-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) adalah salah satu program studi baru kerjasama Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 765/KPT/I/2018 tanggal 12 September 2018.

Program Studi Diploma-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) menyelenggarakan program pendidikan voksasional selama 3 tahun, untuk mendukung perkembangan dunia industri dan automotive dengan cara menghasilkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan kemajuan perkembangan dunia industri dan automotive serta memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan automotive. Program Studi Diploma-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) hingga saat ini masih menggunakan kurikulum yang ada di Kampus Utama yaitu Prodi D-III Teknik Mesin. Untuk penamaan Prodi D-III Teknologi Mesin yang ada di lingkungan Polnep sudah dilakukan pembahasan prodi serumpun pada tingkat politeknik. Pembahasan ini merumuskan dan menyamakan capain pembelajaran (CP) sesuai dengan prodi serumpun.

Visi Program Studi D-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak yaitu: “Menjadi Program Studi pelaksana pendidikan vokasi di bidang Teknik Mesin yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional”.

Misi Program Studi D-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak yaitu:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Diploma Tiga di bidang Teknik Mesin yang berkualitas sesuai dengan standar komptensi yang dibutuhkan industri.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian terapan bidang Teknik Mesin yang dibutuhkan oleh industri.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat serta menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, industri dan masyarakat.

Kompetensi di bidang Teknik Mesin dengan konsentrasi : manufaktur, pengoperasian dan pemeliharaan mesin

Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif di bidang Teknik Mesin, khususnya bidang Produksi dan Maintenance & Repair.

Tujuan Program Studi D-III Teknologi Mesin (Kampus Kab. Sanggau) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang Teknik Mesin dalam mendukung industri pengolahan hasil perkebunan dan pertambangan.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang Teknik Mesin dalam usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional, khususnya industri hasil perkebunan dan pertambangan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Mesin.