Program Studi Teknik Mesin (D3)



Program Studi Teknik Mesin jenjang D3 mulai beroperasional sejak tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Republik Indonesia nomor 231/DIKTI/Kep/2000. Saat ini terakreditasi dengat peringkat "C" berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 460/SK/BAN-PT/Akpred/Dpl-III/IX/2014, tgl 8 Desember 2014. (Lihat KURIKULUM)

DESKRIPSI SINGKAT
Prodi D3 Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Polnep menyelenggarakan program pendidikan vokasi selama 3 tahun, guna mendukung perkembangan dunia industri dan automotive dengan cara menghailkan SDM yang mampu beradaptasi dengan kemajuan dunia industri dan automotive serta memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

VISI PRODI
Pada tahun 2020, Prodi Teknik Mesin merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, dipercaya, berwawasan di bidang Teknik Mesin pada tingkat nasional dan internasional.

MISI PRODI
Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Teknik Mesin dengan standar kompetensi yang dibutuhkan, melaksanakan penelitian terapan di bidang Teknik Mesin, melaksanakan PKM, serta menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, industri dan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional dan mendayagunakan ilmu pengetahuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan nasyarakat.

KOMPETENSI PRODI
Kompetensi di bidang Teknik Mesin dengan konsentrasi : Produksi dan Maintenance & Repair.

CAPAIAN PRODI
Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif di bidang Teknik Mesin, khususnya bidang Produksi dan Maintenance & Repair.

PROGRAM PENDIDIKAN
Program pendidikan Prodi Teknik Mesin adalah program Diploma III Politeknik. Perkuliahan ditempuh selama 6 (enam) semester dalam waktu 3 tahun. Total sks yang harus ditempuh adalah sebanyak 112 sks. Untuk mendukung kemampuan akademik, maka pada semester V mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri sedangkan pada semester akhir (semester VI) mahasiswa diwajibkan menyelesaikan Tugas Akhir. Program studi Teknik Mesin berorientasi menghasilkan tenaga kerja yang mampu menerapkan disiplin ilmunya dalam bidang teknik mesin yaitu perawatan dan poduksi suatu mesin. Selain itu Prodi Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak, juga menyelenggarakan program pelatihan, antara lain; Komputer, Mesin Perkakas dan Automotif.

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar di Prodi Teknik Mesin terdiri dari tenaga pengajar dengan latar belakang pendidikan Strata 1 (S-1) dan Strata 2 (S-2) dan sebagian sudah mendapatkan pendidikan Kepoliteknikan di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik dan Program Diploma (P5D) di Bandung. Dengan dukungan sebanyak 32 orang tenaga pengajar tetap, 7 orang teknisi, 2 orang caraka dan 1 orang tenaga administrasi Prodi Teknik Mesin selalu akan berupaya untuk menyelenggarakan pendidikan secara profesional dan tepat sasaran dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berdisiplin tinggi.

PROGRAM PENELITIAN
Salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka dalam hal penelitian sudah banyak hasil penelitian staf pengajar baik berupa Teaching Grant maupun Research Grant. Penelitian difokuskan dengan kesesuaian disiplin ilmu teknik mesin, antara lain konversi energi, produksi, dan lain-lain. Sebagai tindak lanjut hasil penelitian yang dilaksanakan tentunya diarahkan memiliki nilai guna bagi lembaga maupun masyarakat secara keseluruhan. Untuk itu pada setiap kegiatan penelitian yang dilaksanakan, sebagian atau keseluruhan dilengkapi dengan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat.

SARANA & PERALATAN PENUNJANG
Untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran, dan dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusan, serta pengaplikasian ilmu yang diberikan, Prodi Teknik Mesin dilengkapi dengan sarana laboratorium sebagai berikut :
1. Laboratorium Teknologi Mekanik
2. Studio Gambar
3. Laboratorium CNC
4. Laboratorium Komputer
5. Laboratorium Uji Bahan dan Metrologi
6. Laboratorium Pneumatik dan Hidrolik
7. Laboratorium Perawatan dan Perbaikan